People Innovation Excellence

KIPRAH ALUMNI ‘BUSINESS LAW’ BINUS

Berikut adalah sebagian kecil kiriman para sarjana hukum alumni Jurusan Business Law BINUS. Mereka adalah kaum muda ahli hukum Indonesia yang sedang giat berkiprah di dunia kerja. Hasil survei yang diadakan menjelang setiap acara wisuda di BINUS University, menunjukkan 90% sarjana hukum lulusan BINUS, telah bekerja di lapangan hukum atau menjadi entrepreneur.


Arie Widjaya Chandra, S.H. (BINUSIAN 2017) saat ini adalah advokat yang bergabung dalam Adnan Buyung Nasution & Partners (ABNP) Law Firm, salah satu kantor hukum papan atas di Indonesia. Semasa studi di Jurusan Hukum BINUS, Arie tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi. Ia bahkan sempat menjadi Ketua dari Himpunan Mahasiswa Hukum (Himslaw) BINUS dan ikut dalam lomba-lomba, antara lain lomba debat. Dalam suatu official podcast BINUS bertajuk “Banyak Kata”, Arie memberi testimoni sebagai berikut:

Saya merasa nyaman kuliah di Business Law BINUS karena dosen-dosennya sangat perhatian. Jika ada kendala pada mahasiswa, dosen-dosennya pasti membantu.

 


Yurike Yuki, S.H., LL.M. Int.Tax, ADIT, BKP (BINUSIAN 2017). Saat ini beliau adalah assistant manager Danny Darrussalam Tax Center (DDTC) Consulting, Sebelum lulus sebagai sarjana hukum di BINUS, ia telah ditawari pekerjaan di beberapa korporasi terkemuka, dan akhirnya ia menjatuhkan pilihan pada DDTC, yang berkantor di Menara Satu Sentra Kelapa Gading. Yurike memulai karirnya di sana sebagai tranfer pricing specialist yang menangani litigasi, APA, dan MAP di bidang transfer pricing.  Tidak lama setelah bergabung di DDTC, ia ditawari menempuh pendidikan di Vienna University of Economics and Business Administration (Austria) dan dari institusi ini ia berhasil memperoleh gelar master international tax law (LL.M. in Int. Tax). Ketika diminta komentarnya tentang almamaternya, ia menulis sebagai berikut:

Business Law  (BL) BINUS tergolong jurusan yang masih baru di masa saya kuliah, namun hal tersebut tidaklah menghalangi saya untuk berkembang, baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Dosen-dosen BL selalu men-support kami untuk berani mengembangkan minat dan bakat masing-masing di bidang hukum (seperti mengikuti lomba mootcourt, debat, legal opinion, dll.). Hasil akhirnya, saya memperoleh banyak kesempatan untuk berinteraksi dan bahkan terjun langsung ke dunia praktik. Sungguh merupakan suatu kebanggaan bisa mengenyam pendidikan hukum di BL BINUS.

Yurike Yuki juga terpilih sebagai salah satu National Reporter dalam Rust Conference dengan topik “Mobility of Work” yang diselenggarakan oleh Institute for Austrian and International Tax Law and Vienna University of Economics and Business di Austria (2022). Salah satu buku yang ditulisnya bersama senior-seniornya di DDTC berjudul “Lembaga Peradilan Pajak di Indonesia: Persoalan, Tantangan, dan Tinjauan di Beberapa Negara” (2023).


Putri Marsella Indiryana, S.H. (BINUSIAN 2017) adalah wisudawati terbaik pada wisuda ke-57 BINUS University (Desember 2017) dengan indeks prestasi 3,92. Ia saat ini adalah General Manager Legal Litigation and Notary pada PT JTrust Investments Indonesia, yang berkantor di Gedung Sahid Sudirman Center Jakarta. Sebelum bergabung di JTrust Group yang memiliki slogan “Jump Together” tersebut, Putri Marsella Indriyana pernah aktif sebagai konsultan hukum bersama dengan pengacara/kurator senior Januardo S.P. Sihombing, S.H., M.H., M.A. yang juga seorang dosen di Prodi Hukum BINUS (Managing Partner SNR Counsellors at Law dan Ketua Umum Perkumpulan Konsultan Hukum Aset Kripto Indonesia/PKHAKI).


Kyle Pietra Inggil, S.H. (BINUSIAN 2023) saat ini merupakan seorang Junior Associate di Budidjaja International Lawyers (BIL). BIL merupakan law firm yang memiliki reputasi yang tinggi, baik di level nasional hingga internasional. Selain itu BIL juga memiliki strategic partnership dengan beberapa international law firmdi beberapa negara. Di BIL, Kyle tergabung dalam practice group yang menangani International Trade, Insurance, Shipping & Aviation. Selain itu, Kyle juga terlibat dalam beberapa project Corporate Matters, seperti Legal Due Diligence (LDD). Kyle yang semasa kuliah aktif di ILSA BINUS dan HIMSLAW, memberikan kesan sebagai berikut:

Banyak hal yang saya pelajari selama saya menjadi mahasiswa di Business Law (BL) BINUS. Banyak juga kesempatan dan peluang yang saya dapat sebagai seorang mahasiswa di BL BINUS. Hal ini tidak lepas dari peran para dosen yang hadir bukan hanya sebagai pengajar di kelas, namun juga hadir sebagai mentor yang dekat dengan mahasiswa. Keterbukaan dan kedekatan ini merupakan salah satu privilege terbesar yang tidaklah dimiliki oleh kampus/fakultas hukum lain. Di samping itu, BL BINUS juga memiliki lingkungan yang mendukung untuk belajar dan mengembangkan potensi. Saya dapat mengembangkan potensi saya melalui mengikuti perlombaan International Moot Court, mengikuti dan menginisiasi organisasi mahasiswa hingga terlibat dalam konferensi internasional juga berkat lingkungan kampus (staf, dosen, dan teman-teman) yang suportif. Sebuah kebanggan bagi saya dapat menjadi alumni BL Binus.


Dr. Ogan Muhammad Hasibuan, S.H., M.H. (BINUSIAN 2015). Saat ini ia adalah Direktur dari Ogan & Partners Law Office, di samping sebagai Managing Partner pada Fauzie & Partners Law Office, SERTA Head of Legal & Corporate Communication PT Mineral Arta Sejahtera. Beliau sangat serius menekuni profesinya sebagai advokat (PERADI), mediator (IMN), dan konsultan hukum pasar modal (HKHPM). Selain duduk sebagai Anggota Bidang Pendidikan DPN PERADI, lulusan Program Magister Hukum dan Doktor Hukum Universitas Jayabaya ini juga menjadi Wakil Ketua Umum Young Lawyer Committee. Untuk almamaternya BINUS, ia menulis:

Sebagai alumni Bussiness Law Binus University, saya banyak belajar. Selain mendapatkan pelajaran ilmu hukum, saya juga belajar banyak ilmu kehidupan, khususnya ilmu sosial dan disiplin. Semoga Bussiness Law Binus University semakin jaya dan tetap menghasilkan para alumni berkualitas yang akan berguna bagi Negara dan orang banyak.


Reinhard Christian Prima Surya, S.H. (BINUSIAN 2019). Saat ini (2022) ia adalah Junior Tax Lawyer Staff pada PT HBMS Consulting, Jakarta, yang bertugas melakukan: (1) assisting in tax court dispute, (2) tax legal research, (3) tax law update, dan (4) tax and legal opinion. Sebelum bekerja di PT HBMS Consulting, Reinhard Christian menjadi Legal Staff pada PT Dwi Tunggal Putra, Jakarta, yang menangani (1) corporate legal administration, (2) contract drafting, (3) contract negotiation, dan (4) contract review field handling.


Diandra Sabila Nigara, S.H. (BINUSIAN 2021) adalah Junior Legal Officer bidang edukasi teknologi (Internal Control Division & Department of Finance and People Operations) pada PT Quipper Edukasi Indonesia (PT QEI) sebuah perusahaan dalam edukasi teknologi yang di bawah Recruit Japan. Diandra diakui berprestasi juga di berbagai area non-legal, antara lain sebagai MC dan bagian dari divisi Fun Activity People and Culture. Ia memiliki usaha pribadi bernama Whatcuneed dengan produknya Acne Spot Treatment yang telah terdaftar di BPOM serta bekerja sebagai makeup artist yang pernah tergabung di dalam management Mecapan Indonesia.


 

Arthur Laksmana EWolff, S.H. (BINUSIAN 2021), sejak berstatus sebagai mahasiswa sudah menunjukkan perhatian dan kepeduliannya terhadap hak-hak penyandang disabilitas, antara lain menjadi pembicara di berbagai seminar di tingkat nasional. Saat ini ia menjadi Ketua Bidang Hak Asasi Manusia dan Kesejahteraan Sosial dari Gerakan Peduli Disabilitas dan Lepra Indonesia (GPDLI) dengan melakukan pengembangan advokasi hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia.


Azarine Marsha Onassis, S.H. (BINUSIAN 2016). Ia tergolong alumni yang berprestasi, bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 30 lawyers inspiratif Indonesia tahun 2022 oleh Hukumonline. Saat ini Azarine menjadi associate di Maagnar Law Office.

 


 

Marisstella Giovani Manurung, S.H. (BINUSIAN 2017). Saat ini adalah jaksa yang ditempatkan di Kejaksaan Negeri Murung Raya Puruk Cahu, di Provinsi Kalimantan Tengah. Ia resmi bergabung dengan Korps Adhyaksa di lokasi penempatan pertamanya itu pada April 2022.


Nafis Muhammad Arkhan, S.H. (BINUSIAN 2016). Saat ini ia bekerja di Pacific Patent Multiglobal, yaitu sebuah Kantor Konsultan Hak Kekayaan Intelektual. Ia bergabung dalam Local Trademark Division yang bertugas menangani klien dalam negeri. Dalam kapasitas tersebut ia memberi pendapat hukumnya agar merek klien dapat didaftarkan di Indonesia, seperti surat hearing, banding, oposisi, dan sanggahan. Ia telah lulus dalam ujian advokat dan sedang menunggu pengambilan sumpah. Khusus terhadap Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, ia memberi kesan:

Saya menimba pengetahuan yang berguna selama studi di BINUS dan bekal itulah yang membantu saya memahami area pekerjaan saya. Pesan dari para dosen agar saya dapat menjadi seorang advokat yang baik di kemudian hari, akan selalu saya ingat.  Jayalah Business Law BINUS selamanya!


Fitri Nur Destiani, S.H. (BINUSIAN 2017). Saat ini ia bekerja sebagai junior legal supervisor PT Balebat Dedikasi Prima, bagian dari PT Telkom Indonesia Tbk. Perusahaan tersebut bergerak di bidang printing dan smartcard. Mengenai almamaternya Business Law BINUS University, Fitri Nur Destiani, S.H. menyampaikan kesan dan pesannya sebagai berikut:

Bersyukur dan suatu kebanggaan bagi saya menjadi bagian dari keluarga Business Law BINUS. Semoga rekan-rekan mahasiswa dapat menerima dan memanfaatkan ilmu-ilmu yang sudah diberikan dengan sangat baik oleh dosen-dosen. Semoga Busness Law BINUS semakin jaya!

 


Mohammad Ramzy Adhikusumo, S.H. (BINUSIAN 2016) adalah junior associate lawyer pada  Radjiman Billitea & Partners. Ia banyak menangani masalah-masalah di area hukum perusahaan (corporate legal matters), khususnya perusahaan BUMN, dengan tugas-tugas berkenaan dengan penawaran umum obligasi, merger dan akuisisi (M&A), membuat legal due delligence (LDD), legal opinion (LO), dll. Ramzy juga telah lulus ujian advokat dari Peradi. Ia menyampaikan kesan-kesannya tentang Business Law BINUS sebagai berikut:

Saya merasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar Business Law (BL) BINUS. Banyak ilmu yang saya dapatkan di sini, tidak hanya ilmu hukum tetapi juga character building, yang diberikan oleh dosen-dosen BL BINUS yang sangat baik dan berarti untuk menunjang karir hukum saya saat ini. Semoga ke depannya, BL BINUS tetap menjadi yang terbaik dalam mencetak lulusan-lulusannya, yang tidak kalah dengan fakultas/jurusan hukum dari universitas lain. Maju terus BL BINUS!


Muhammad Admiraldi Mahardhika Putra, S.H. (BINUSIAN 2015) saat ini bekerja sebagai creative di TransTV. Ia sangat bangga beralmamaterkan Business Law BINUS, apalagi termasuk dalam angkatan pertama yang lulus dari program studi ini. Khusus untuk adik-adik angkatannya, ia berpesan:

Jangan buang waktumu dan selalu berpikiran terbuka! Jangan pernah takut untuk mencoba, menggali diri dalam suatu bidang!


Nourel Trinugraha Ilhami, S.H. (BINUSIAN 2016) saat ini bekerja sebagai junior associate di Dau & Tuah Law Indonesia (closely associated with Angeline Suparto Law Corporation, Singapore). Ia memberikan testimoni untuk almamaternya Business Law BINUS sebagai berikut:

Menjadi salah satu alumni Jurusan Hukum Bisnis Universitas Bina Nusantara merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Mata kuliah yang diberikan sangat menunjang saya dalam berkarir di bidang hukum pada era modern saat ini, yang menjunjung tinggi kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan hukum teknologi & komunikasi. Keduanya saya dapatkan saat berkuliah di Universitas Bina Nusantara. Maju terus Business Law BINUS.


 

Nabila Finietya, S.H. (BINUSIAN 2016). Saat ini bekerja sebagai legal officer di PT Kapan Lagi Dot Com Network, sebuah perusahaan berbasis teknologi komunikasi terbesar di Indonesia (the largest homegrown Internet company). Tentang almamaternya, Nabila Finietya menyampaikan pesan dan kesan sebagai berikut:

Saya tidak keliru memilih Business Law BINUS sebagai tempat studi saya karena nama besar BINA NUSANTARA (BINUS) yang melekat di dalamnya menjadi jaminan bahwa kami, generasi milinea saat ini, telah dibekali tidak hanya dengan ilmu dan keterampilan hukum, tetapi terlebih-lebih dengan kecerdasan menghadapi teknologi informasi. Area pekerjaan saya saat ini menjadi ladang pembuktian dari ilmu dan keterampilan yang saya dapatkan selama kuliah.


Trian Aji Saputro, S.H. (BINUSIAN 2017). Saat ini ia bekerja sebagai legal corporate di Syarfi Teknologi Finansial, bagian dari Ethisventures Group. Ia menuliskan kesannya tentang Business Law BINUS sebagai berikut:

Business Law BINUS University adalah sebuah terobosan terbaru dalam studi hukum di Indonesia, dengan mengintegrasikan teknologi informasi & komunikasi (ICT) dengan ketentuan hukum positif. Hal ini sesuai dengan zaman serba-digital seperti sekarang ini.Hal ini membantu saya cepat beradaptasi di dunia praktisi, sebagai legal corporate di perusahaan pialang investasi berbasis teknologi informasi.


Evan Mahena Gontung, S.H. (BINUSIAN 2016) adalah associate lawyer pada Dewi Djalal & Partners Law Office. Ia banyak menangani masalah di area hukum perusahaan (corporate legal matters). seperti kasus-kasus pada BUMN dan shipping company. Saat ini Evan Mahena Gontung yang sudah mendapatkan lisensi advokat dari Peradi ini sedang melanjutkan studi di program magister hukum. Untuk memberi komentar sebagai berikut:

Sebagai salah seorang alumni Business Law BINUS, saya sangat berterima kasih telah dibimbing dengan baik. Tentu ada banyak pengalaman praktik hukum yang saya dapatkan dan terus saya gali setelah lulus dari BINUS, tetapi BINUS telah membekali saya dengan pengetahuan dan keterampilan memadai sebagai modal saya menjawab tantangan pekerjaan saya sekarang. Semoga Business Law BINUS makin berjaya.


 


Delfina Yulis, S.H. (BINUSIAN 2017). Ketika diminta menuliskan catatan ini, Delfina baru saja menyelesaikan ujian akhir studinya di Business Law BINUS, sehingga ia menjadi salah satu lulusan yang berhasil mengakhiri kuliahnya dengan tepat waktu. Begitu lulus ia langsung diterima bekerja di Kantor Konsultan Hukum Aji Wijaya & Co., kendati sementara ini masih berstatus karyawan magang. Ia menuliskan kesan dan pesannya sebagai berikut:

Saya sangat berterima kasih kepada dosen-dosen Business Law BINUS yang telah memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan. Juga telah memberi saya kesempatan ikut serta dalam lomba moot-court dan kesempatan magang (progrm 3+1). Saya berharap Business Law BINUS dapat terus berkembang ke arah yang makin baik dalam menghasilkan pribadi-pribadi lulusan yang bermutu.


Jeffie Apricanus S.H. (BINUSIAN 2017) saat ini bermukim di Taiwan. Semasa kuliah telah berpengalaman menjalani studi di universitas yang menjadi mitra-kerja sama Business Law BINUS di Taiwan (student exchange program). Dengan prestasinya selama studi di Business Law BINUS dan interaksinya dengan universitas mitra tersebut, ia kemudian ditawari beasiswa oleh dua universitas sekaligus di Taiwan. Pria yang aktif di media sosial ini menuliskan kesan dan pesannya sebagai berikut:

Business Law BINUS memberikan kesempatan besar kepada mahasiswa untuk membuka wawasan secara global melalui pertukaran mahasiswa antar-negara. Saya mendapatkan pengalaman selama 1 (satu) semester untuk merasakan studi di Taiwan. Dan atas kesempatan ini, setelah saya lulus S-1, saya mendapatkan beasiswa S-2 di Cheng Shiu University (MBA) dan Tunghai University (LL.M.).


Steven Wijaya, S.H. (BINUSIAN 2016). Saat ini sedang merintis karir sebagai Associate Lawyer di Kantor Pengacara Tito Hananta Kusuma & Co., yang berkantor di Menara BCA Grand Indonesia. Ia dipercaya menangani beragam perkara litigasi dan nonlitigasi, khususnya bidang perpajakan dan hukum siber. Ia memberi testimoni tentang almamaternya Jurusan Business Law BINUS sebagai berikut:

Menjadi alumnus angkatan kedua di Jurusan Hukum Bisnis BINUS merupakan tantangan tersendiri bagi saya untuk meniti karir di bidang hukum, terutama mengenai eksistensinya yang belum begitu dikenal di kalangan masyarakat. Hal ini membuat saya termofivasi untuk membuktikan bahwa jebolan Hukum Bisnis BINUS juga mampu bersaing, bahkan lebih baik daripada lulusan fakultas/jurusan hukum di universitas yang sudah puluhan tahun berdiri. Dari segi pengajar, Jurusan Hukum Bisnis BINUS diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan handal di bidangnya masing-masing. Mereka tidak hanya sekadar membagi ilmu, tapi juga membina karakter dan menjaga hubungan baik dengan mahasiswa/i-nya. Pada intinya, saya bangga telah menjadi bagian dari Hukum Bisnis BINUS. Semoga ke depannya, jurusan ini dapat banyak menciptakan lulusan-lulusan yang berpotensi dan berkualitas, sehingga dapat berguna bagi bangsa, negara, dan masyarakat, khususnya untuk Universitas Bina Nusantara.


Panji Agung Prasetyo, S.H. (BINUSIAN 2016). Seperti tertuang dalam lampiran keputusan Menkumham di atas, tertera nama Panji Agung Prasetyo sebagai komisaris di PT Pilarmas Cipta Persada yang sedang ia rintis. Selain sebagai entrepreneur Ia berencana dalam waktu dekat dapat memperoleh lisensi sebagai advokat. Ia memiliki kesan mendalam tentang masa studinya di BINUS, sebagai berikut:

Membanggakan bisa menjadi salah satu bagian dari Business Law Bina Nusantara. Terima kasih telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat. Semoga kami, para Binusian dapat selalu membanggakan almamater kami.


Ratna Eka Putri, S.H. (BINUSIAN 2016) kini meniti karir sebagai associate di Pramono and Partners Lawfirm.


 

Mohammad Farid Hardiansyah, S.H. (BINUSIAN 2015). Sekarang ia bekerja sebagai legal officer di HighScope Indonesia. Ia menulis kesan sebagai berikut:

“Menjadi bagian dari ‘pioneer’ mungkin terasa keras dan berat untuk dijalani. Empat tahun perjalanan dan akhirnya bisa dilewati dengan baik. Terima kasih Bapak/Ibu rekan-rekan dosen atas ilmunya yang sangat bermanfaat. God bless!”


Tania Irwan, S.H. (BINUSIAN 2015). Saat ini ia bekerja sebagai associate di Junaidi & John Law Firm.  Sebelumnya ia pernah berkerja sebagai senior legal di PT Momentum Indonesia Investama. Sebelum lulus pun, Tania sudah merambah dunia praktik hukum, sebagaimana terlihat pada surat rekomendasi terlampir, yaitu sebagai Junior Associate di BJMHP Lawyers pada tahun 2014-2016. Begitu lulus dari BINUS, ia segera mengambil kuliah lanjutan di Program Magister Hukum Ekonomi Universitas Indonesia. Saat ditanya tentang kesan-kesannya selama kuliah di BINUS, ia berkomentar sebagai berikut:

Sebagai salah seorang alumni, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS yang telah memberikan fondasi ilmu serta mengasah logika berpikir hukum saya. Hal tersebut merupakan salah satu faktor penting yang membuat saya dapat bersaing dengan lulusan hukum dari universitas lain di dunia kerja. Semoga Business Law BINUS selalu menjadi yang terbaik di masa mendatang.


Melati Indra Setyorini, S.H. (BINUSIAN 2016). Ia sekarang bekerja sebagai corporate legal staff di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa real estate PT Aldebaran-Rosevile. di kawasan Perkantoran Gandaria 8. Sebelumnya, ia pernah magang di Kantor Hukum Tito Hananta Kusuma & Co., dan ketika kuliah sempat mendapat beasiswa dari Bank of China (2014). Untuk tugas akhir skripsi, ia menulis tentang operasional usaha pertambangan PT Freeport Indonesia ditinjau dari UU Mineral dan Batubara. Melati menulis kesan dan pesannya untuk almamaternya sebagai berikut:

Sebagai seorang alumnus Business Law BINUS tahun 2016, saya sangat berkesan karena saat kuliah dulu kami selalu mendapat motivasi dari para dosen. Suasana mengajarnya menyenangkan dan saya mendapat pengetahuan baru. Saya berpesan agar BINUS Business Law dapat mempertahankan materi perkuliahan yang sudah ada, bahkan bila perlu ditingkatkan lebih mendalam lagi agar dapat mencetuskan lahirnya lulusan-lulusan Business Law BINUS yang makin baik di masa depan.


Fetty Handika Putri, S.H. (BINUSIAN 2015). Saat ini Fetty (berdiri di tengah) meniti karir sebagai junior consultant di PT Legalgo Justisia Indonesia (LegalGo) yang merupakan sebuah legal tech startup. Sebelumnya ia sempat bekerja di Pacific Paten Multiglobal, sebuah kantor konsultan di bidang hak kekayaan intelektual.


Bagus Cayo Mastriza, S.H. (BINUSIAN 2015), bediri paling kiri. Saat ini bekerja staf legal & corporate secretary pada PT Dua Putra Utama Makmur tbk. Juara pertama lomba penulisan “legal opinion” tingkat nasional dalam The 5th Business Law Competition 2014 ini pernah menjalani magang di Suryomurcito & Co., sebuah kantor hukum di bidang kekayaan intelektual yang berafiliasi dengan kantor hukum internasional: Rouse. Ia menulis kesannya tentang Program Studi Business Law BINUS sebagai berikut:

Menjadi bagian dari keluarga besar Business Law BINUS University adalah suatu kebanggaan bagi saya. Semoga Busness Law BINUS University mampu mencetak prestasi lebih banyak lagi dan memberi manfaat bagi masyarakat luas!


Karina Permata Lestari, S.H. (BINUSIAN 2015), Ia tengah merintis karir sebagai Junior Associate di Bagus Enrico & Partners, di DBS Tower Kuningan, Jakarta Selatan. Ia menulis kesan dan pesannya tentang pengalamannya sebagai berikut:

Selama saya melewati masa perkuliahan di BL BINUS, banyak ilmu yang saya peroleh, sehingga saya lebih memahami hakikat hukum. Namun, jangan jadikan ilmu hukum yang didapat di universitas sebagai patokan yang tidak dapat dikembangkan lagi karena sewaktu kita berkiprah di dunia kerja, banyak hal baru yang perlu dipelajari lagi. Pesan saya, selama masih dalam masa perkuliahan,pelajari ilmu hukum itu seluas-luasnya, agar tidak kaget ketika masuk di dunia kerja. Untuk BL BINUS, semoga makin berkembang di masa depan, baik dalam pengajaran teori maupun praktiknya.


Rizky Putri Lestari, S.H. (BINUSIAN 2015). Begitu lulus ia langsung diterima sebagai staf kepaniteraan pada Bagian Pelayanan di Pengadilan Agama Tigakarsa.


Manda Adeline Wijaya Putri, S.H. (BINUSIAN 2015). Saat ini ia bekerja di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dalam kapasitas sebagai life finance advisor. Ia berkantor di kawsan CBD Mega Kuningan Menara BTPN Jakarta Selatan.


Dinda Loni Rahmaniar, S.H. (BINUSIAN 2015). Seperti rekan kerjanya sesama Binusian 2015 Manda Adeline Wijaya Puteri, sekarang Dinda juga bekerja di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) sebagai life finance advisor di kawasan CBD Mega Kuningan (Menara BTPN), Jakarta Selatan. Ketika ditanya tentang kesan-kesannya selama mengikuti kuliah di BINUS, ia berkomentar sebagai berikut:

Sebagai salah seorang alumni, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk dosen-dosen Jurusan Hukum Bisnis Universitas Bina Nusantara yang telah membantu dalam proses pendidikan saya selama menimba ilmu di BINUS. Saya bangga menjadi bagian dari keluarga Business Law  BINUS pada angkatan pertama ketika saya masuk tahun 2011. Semoga Business Law BINUS selalu menjadi yang terbaik di masa mendatang. Aamiin YRA.


Reggy Sesario Thaher, S.H., (BINUSIAN 2015), merupakan salah satu dari lulusan angkatan pertama Jurusan Business Law BINUS. Begitu lulus, Reggy langsung diterima bekerja di PT Integrasi Solutions di bagian Legal & HRGA Department. Selain itu ia juga sukses merintis sebuah tim kerja untuk jasa pengurusan pendirian dan perizinan badan hukum.  Mengenai almamater dan posisinya sebagai alumnus angkatan pertama, ia memberi kesan:

Menjadi lulusan angkatan pertama, tidaklah menjadi beban untuk diri saya sendiri atau teman-teman seangkatan, melainkan justru menjadi tantangan untuk membuktikan Business Law 2015 bisa berkompetisi di dunia kerja. Terima kasih para dosen! Sukses selalu untuk Business Law Binus University.


KAMI MASIH MENUNGGU KIRIMAN INFORMASI (+ FOTO & PESAN-KESAN) DARI PARA ALUMNI…!  APABILA ADA PERUBAHAN DATA, MOHON SAMPAIKAN PEMUTAKHIRANNYA AGAR DAPAT DIMUAT KEMBALI!

 

 

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close