People Innovation Excellence

PRESENTASI AKHIR PENELITIAN PUTUSAN HAKIM DI BANDUNG

Setelah presentasi tahap pertama di Bekasi pada September 2014, maka tim peneliti dari Business Law BINUS, yang dipimpin oleh ketuanya Dr. Shidarta, pada tanggal 28 dan 29 November 2014, kembali diundang oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia untuk mempresentasikan laporan final penelitiannya. Penelitian yang disponsori oleh Komisi Yudisial ini meliputi 20 putusan pengadilan di tingkat pertama, banding, sampai ke kasasi dan peninjauan kembali. Hadir dalam acara presentasi di Hotel Scarlet, Dago, Bandung ini Komisioner KY Dr. Jaja Ahmad Jayus dan Sekretaris Jenderal KY Danang Widjayanto.

Selain BINUS, yang hadir untuk presentasi hasil penelitian tahun 2014 adalah tim dari Universitas Pasundan, Unviersitas Parahyangan, dan Universitas Padjadjaran. Berbeda dengan penelitian putusan hakim tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2014 putusan yang dijadikan objek penelitian berasal dari kasus-kasus laporan pengaduan yang diterima oleh Komisi Yudisial dari masyarakat.

Pada kesempatan itu, Dr. Jaja Ahmad Jayus meminta masukan dari tim peneliti terkait sisi-sisi yang perlu disempurnakan dari putusan sidang pleno Komisi Yudisial RI, baik menyangkut format dan sistematika maupun substansinya. Untuk itu tim dari BINUS telah memberikan usulan draf yang diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif referensi di internal Komisi Yudisial. (***)

Laporan penelitian putusan hakim (KY) di Bandung, 28-29 November 2014
Laporan penelitian putusan hakim (KY) di Bandung, 28-29 November 2014

20141128_202338.000


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close