People Innovation Excellence

TERPILIH KETUA AFHI 2014-2015 DAN TUAN RUMAH KONFERENSI KE-5 AFHI

Tradisi untuk memilih wakil dari tuan rumah konferensi sebagai Ketua Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia (AFHI) kembali berlanjut. Tradisi ini sudah dimulai sejak konferensi pertama di Bandung pada tahun 2012, dengan terpilihnya Prof. Bernard Arief Sidharta dari Universitas Katolik Parahyangan sebagai ketua pertama AFHI. Kemudian, saat konferensi kedua di Semarang tahun 2012, peserta secara aklamasi memilih wakil tuan rumah Donny Donardono dari Universitas Katolik Soegijapranata sebagai ketua. Tatkala konferensi diadakan di Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2013, Herlambang Perdana Wiratraman dari Unair yang diminta sebagai ketua pada satu periode berikutnya.

Shidarta adalah Ketua Jurusan Business Law BINUS. Beliau ditetapkan menjadi Ketua AFHI periode 2014-2015, yang berarti adalah ketua keempat dari organisasi yang akan memasuki usia tahun kelima ini. Ia juga termasuk salah satu penggagas dan sekretaris pertama AFHI yang terpilih dalam konferensi pertama di Bandung pada tahun 2011 di Kampus Universitas Katolik Parahyangan. Waktu itu ia mendampingi Prof. Bernard Arief Sidharta sebagai ketua dan Myrna A. Safitri sebagai bendahara.

Dalam sambutannya saat menerima jabatan ini dalam sesi rapat tahunan anggota AFHI tanggal 4 September 2014 di Kampus Anggrek BINUS, Shidarta berharap program-program AFHI yang sudah dirintis dengan sangat baik oleh pengurus sebelumnya di bawah kepemimpinan Herlambang Perdana Wiratraman, Widyarsono, dan Mumu Muhajir ini bisa berlanjut. Ada begitu banyak peluang kerja sama antara asosiasi dan perguruan tinggi/LSM yang terlibat dalam konferensi ini, seperti pelatihan penelitian sosio-legal dan pelatihan aliran pemikiran hukum, yang dapat difasilitasi oleh AFHI. Penerbitan jurnal AFHI yang berkaliber internasional juga menjadi dambaan yang masih belum terwujud pada satu tahun terakhir, sekalipun sederet nama ahli hukum dari mancanegara sudah memberi konfirmasi mereka untuk dicantumkan dan aktif sebagai reviewer. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jaringan AFHI untuk dapat masuk ke asosiasi internasional.

Penyelenggaraan konferensi internasional AFHI pada tahun ini di BINUS kemungkinan baru akan diadakan lagi pada tahun 2016. Pada saat itu, jika tradisi kepengurusan ini terus berlanjut, akan dijalankan oleh ketua dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang pada tahun 2015 mendatang akan menjadi tuan rumah konferensi ke-5 AFHI. (***)

Slide1


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close